Government

Pemerintah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya UMKM naik kelas di Jawa Barat karena menjadi regulator yang dapat membuat berbagai kebijakan yang mendukung UMKM. Program Pencetakan Seatus Ribu Wirausaha Baru Jawa Barat yang dicanangkan oleh Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat adalah bentuk peran strategis pemerintah untuk mendukung UMKM naik kelas.

Dalam konteks ABCGM ini, pemerintah memiliki sumber daya untuk bisa membuat UMKM naik kelas melalui kebijakan yang pro kepada UMKM. Bahkan, lebih dari itu, diharapkan adanya kontribusi pemerintah dalam mengorganisir sumber daya dari “Jabar Masagi” untuk bisa bergerak secara bersama-sama untuk UMKM naik kelas.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil menjadi leading sektor dalam upaya membantu UMKM naik kelas. Keberadaan Tim Sinergitas ABCGM yang dipelopori oleh Bapak Dudi Sudrajat diharapkan mampu juga memberikan advokasi yang nantinya menghasilkan kebijakan dan program pemerintah yang mendukung UMKM

a. Program Pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM untuk naik kelas dan tepat sasaran pada UMKM yang benar-benar ingin naik kelas

b. Kebijakan tentang akses pasar dengan menghubungkan kepada pasar.

c. Kebijakan yang mendukung perijinan bagi UMKM sehingga aspek legal dari seluruh UMKM dapat terpenuhi sebagai salah satu indikator UMKM bisa naik kelas.

d. Kebijakan dan program yang dapat menghubungkan UMKM kepada akses pembiayaan seperti perbankan, program CSR dan PKBL yang dimiliki oleh perusahaan, khususnya BUMN.

d. Kebijakan dan program yang dapat mendukung UMKM mendapatkan fasilitas pemerintah berupa bimbingan teknis sampai dengan fasilitas yang relevan dengan kebutuhan pemerintah.

e. Yang tidak kalah penting adalah pemerintah dapat membuat kebijakan yang dapat mensinergikan dengan program pemerintah pusat (Kementrian), program pemerintah provinsi sampai dengan kota/kabupaten.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil adalah pihak memerintah yang sangat strategis perannya dalam tim Sinergitas ABCGM in.