Profil ABCGM

Salah satu tantangan Provinsi Jawa Barat adalah bonus demografi yang dikelola melalui pencetakan wirausaha sehingga dapat memberikan peningkatan taraf hidup masyarakat, membuka lapangan pekerjaan dan bahkan memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi Jawa Barat.

Program pencetakan wirausaha baru di Jawa Barat digencarkan sejak program dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dengan program Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru Jawa Barat dengan tujuan untuk menciptakan wirausaha yang memiliki daya saing. Saat ini, stakeholders di Jawa Barat yang terdiri dari Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media sudah bersatu untuk mencetak wirausaha baru di Jawa Barat.

Hanya saja, ada satu pekerjaan rumah  yang harus diselesaikan yaitu bagaimana mendukung wirausaha mampu menumbuh kembangkan bisnis para entrepreneur dari skala mikro, kecil, menengan dan besar. Sejatinya, wirausaha muda Jawa Barat saat ini harus menjadi pengusaha berskala nasional dan bahkan global pada lima sampai sepuluh tahun kedepan. Konteksnya adalah wirausaha harus mampu naik kelas atau scale up usaha mereka.

Ada tiga permasalahan kunci yang dihadapi yaitu berhubungan dengan entrepreneurial mindset, kualitas manajerial serta bagaimana wirausaha di Jawa Barat mampu mengoptimasi setiap peluang yang dihasilkan dari lingkungan eksternal, mulai dari lingkungan eksternal mikro, makro dan global.

Untuk, entrepreneur memerlukan social capital yaitu modal sosial berupa informasi, akses pasar, akses perijinan, akses keuangan, akses fasilitas bisnis serta jejaring yang dapat meningkatkan bisnis mereka. Hal ini dapat dikontribusikan oleh penta helix yang seringkali dikenal dengan ABCGM yaitu akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media.

Atas inisiatif dari Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, Dr. Dudi Sudrajat, diajaklah stakeholders yang berkomitmen untuk membantu diri sendiri naik kelas pada khususnya serta wirausaha pada umumnya sehingga benar-benar menjadi pengusaha yang bisa naik kelas dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Nama kelompok ini adalah Tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar Naik Kelas.

Tim ini sudah terbentuk sejak bulan Juni 2017 dan beberapa kegiatan sudah dilakukan untuk membantu UMKM naik kelas, mulai data base, pelatihan bagi UMKM, Pendampingan bagi UMKM, pameran, seminar bisnis sampai dengan diperkenalkan dengan media.

Tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar naik kelas ini adalah

 

Sekretariat                           : Ervin  Yanuardi Efendi, ST,

Alamat sekretariat: Kompleks GBA satu blok i no 28. Kabupaten Bandung, Bojong soang, Kabupaten Bandung

web: www.abcgmjabar.id

Email

Fb

Twitter

Instagram

Hp: